Home / Berita / Sat Pol PP bersama Tim Gabungan Sidak Mamin dan Bahan Pokok yang Sudah Kadaluarsa

Sat Pol PP bersama Tim Gabungan Sidak Mamin dan Bahan Pokok yang Sudah Kadaluarsa

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu dalam rangka menyambut hari besar keagamaan (puasa dan lebaran) Tahun 2021/1442 H bersama Tim Gabungan melakukan SIDAK Gabungan terhadap Peredaran barang-barang tidak layak konsumsi, kedaluwarsa dan/atau makanan yang mengandung bahan berbahaya dipasar, toko dan minimarket yang berada Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan Pada hari Sabtu 10 April 2021.

Sekretaris Daerah Kab. Kapuas Hulu Drs. H. M. Zaini, M.M Menjelang Bulan Ramadhan, masyarakat diimbau hati-hati saat berbelanja dengan memperhatikan masa kadaluarsa makanan dan minuman (mamin),  berdasarkan croschek dilapangan sebelumnya ditemukan mamin kadaluarsa dipajang di toko maupun swalayan.

“Biasanya pemilik toko berdalih barang itu tidak dijual dan disiapkan untuk di retur pada sales untuk mengambilnya kembali,” kata Sekretaris Daerah dalam keterangannya saat mengikuti sidak hari sabtu.

Karena itu, ia mengingatkan, jangan sampai para pembeli  terkecoh dengan mamin yang harganya murah, tampilannya bagus, padahal sudah mendekati masa kadaluarsa.

“Jadi kebanyakan memang karena kelalaian pemilik toko ya, maka kita sebagai konsumen harus cerdas karena kalau tidak cerdas bisa diambil barang itu,” tuturnya.

Sementara Wakil Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Wahyudi Hidayat menemukan sejumlah barang kedaluwarsa saat inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan menjelang bulan suci Ramdhan di Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu pada hari minggu (11/4/2021).

“Saya menemukan beberapa barang kedaluwarsa dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi, itu harus menjadi perhatian agar pedagang tidak menjualnya lagi,” kata Wakil Bupati Kapuas Hulu usai melaksanakan sidak di sejumlah toko dan pusat perbelanjaan di Putussibau, Minggu.

Menurut Wabup, Sidak yang dilaksanakan tersebut masih bersifat pembinaan dan peringatan kepada pelaku usaha dan belum diberikan sanksi, pengawasan terhadap barang-barang kedaluwarsa itu rutin dilaksanakan karena menyangkut keamanan bagi konsumen atau masyarakat luas.

 

” Hal tersebut harus lebih menjadi perhatian ke depannya, untuk saat ini kita tidak langsung memberikan sanksi, namun masih sifat pembinaan,” imbuh Wabup.

About B J

saya bertubuh gempal dan hobi jalan - jalan, siap sedia loyalitas tanpa batas, musik dari dangdut koplo sampe metal, penyuka Drakor. nonton yg lain juga ok.

Check Also

Sat Pol PP Ikuti Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu Kepala Bidang Penegakan Edy Suhardi, S.Sos beserta anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Layanan Pengaduan Whatsapp