Home / Berita / Sekretaris Sat Pol PP Mewakili Kasat Hadiri Apel Bina Karuna 2021 dan Aistensi Biro Operasi Polda Kalbar

Sekretaris Sat Pol PP Mewakili Kasat Hadiri Apel Bina Karuna 2021 dan Aistensi Biro Operasi Polda Kalbar

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja  Kapuas Hulu Walidad, S.E, M.M, mewakili kasat hadiri apel Bina Karuna Kapuas 2021 dan asistensi Biro Operasi Polda Kalbar dalam rangka pencegahan dan penaggulangan  kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Hukum Polres Kapuas Hulu, sabtu (13/3/2021).

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menegaskan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kapuas Hulu jangan ada ego sektoral, semua pihak harus sinergis karena memang Karhutla tanggung jawab bersama.

” Tingkatkan sinergitas dalam menanggulangi bencana Karhutla, jangan ada Karhutla,” kata AKBP Wedy Mahadi, saat memimpin Apel kesiapan penanggulangan Karhutla di Putussibau. Disampaikan Kapolres, dengan dilaksanakan apel gabungan tersebut untuk memastikan kesiapan baik personil mau pun kelengkapan sarana dan prasarana dalam penanggulangan Karhutla di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu.

Menurut dia, dengan wilayah Kapuas Hulu yang cukup luas, sangat penting sinergitas terutama tiga pilar mulai tingkat kecamatan sampai ke desa dan melibatkan tokoh dan kelompok masyarakat.

” Berikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla,” ucap Wedy.

Dikatakan Wedy, dalam penanggulangan Karhutla mengacu juga kepada enam arahan Presiden Jokowi, mulai dari pencegahan, mengatasi titik api hingga upaya penegakan hukum.

Ia menyebutkan Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Kapuas Hulu juga sudah mengeluarkan aturan terkait pembukaan lahan pertanian sesuai kearifan lokal terutama masyarakat peladang.

” Itu yang benar-benar harus di sosialisasikan kepada masyarakat, agar dalam membuka lahan mengacu kepada aturan yang melihat kearifan lokal, ada batas pembakaran ladang, itu semua sudah diatur,” pesan Kapolres.

Ia mengimbau kepada semua pihak dapat sinergitas serta proaktif serta tanggap dalam penanggulangan Karhutla, karena berdampak terhadap kehidupan masyarakat luas bahkan hingga merenggut nyawa akibat Karhutla.

” Kita harus sinergis, sosialiasi serta jangan membiarkan api membesar, jika ada titik api segera padamkan jangan sampai meluas,” pungkas Kapolres.

About B J

saya bertubuh gempal dan hobi jalan - jalan, siap sedia loyalitas tanpa batas, musik dari dangdut koplo sampe metal, penyuka Drakor. nonton yg lain juga ok.

Check Also

Sat Pol PP Ikuti Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu Kepala Bidang Penegakan Edy Suhardi, S.Sos beserta anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Layanan Pengaduan Whatsapp