Home / Berita / Satpol PP Kapuas Hulu Sebar Edaran Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan ke Masjid dan Surau

Satpol PP Kapuas Hulu Sebar Edaran Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan ke Masjid dan Surau

Sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama RI, MUI Kalbar dan Bupati Kapuas Hulu terkait panduan pelaksanaan ibadah ramadhan dan idul Fitri 1 Syawal 1441 H dan tahun 2020, di tengah wabah virus Corona atau Covid- 19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kapuas Hulu telah menempelkan surat edaran tersebut ke setiap masjid dan surat di Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara.

Sekretaris Satpol PP Kapuas Hulu, Walidah menyatakan kegiatan penempelan surat edaran panduan pelaksanaan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Tahun 2020 M di tengah Pandemi Wabah Covid- 19, berjalan selama dua hari, tanggal 17 dan 20 April 2020.

“Diharapkan seluruh masyarakat bisa mengikuti semua arahan dan himbauan dari Pemerintah.

Dalam upaya untuk pencegahan penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu,” ujarnya kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Sedangkan panduan pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Tahun 2020, yaitu umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah, Terus, sahur dan buka puasa dilaksanakan oleh Individu atau keluarga inti.


Kemudian, shalat Tarawih dilakukan secara individual,  tilawah Al-Qur’an dilakukan dirumah masing-masing, buka puasa bersama ditiadakan, peringatan Nuzulul Qur’an dalam bentuk tabliq ditiadakan, dan tidak melakukan iktikaf di 10 malam terakhir bulan Ramadhan di Masjid/Mushalla.

Sementara itu, Kasi OPS Sat Pol PP, Azmiyansyah menyatakan, terkait ada beberapa warga masyarakat yang tidak menghiraukan himbauan dari MUI pusat, untuk tidak melaksanakan ibadah sholat berjamaah dikarenakan kurangnya disiplin oleh warga tersebut.

“Kami mengharapkan agar para Ketua Masjid dan Ormas dapat memberikan himbauan, dan pandangan terhadap warga masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, hal ini dikarenakan lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” ujarnya.

Menurutnya, dalam hal ini terjadi Pandemi Wabah infeksi virus Corona Covid-19, semua pihak perlu memberikan pendidikan terhadap masyarakat. “Supaya dapat mengerti tentang bahaya, dan cepatnya Penyebaran Covid-19  di tempat gerumunan masyarakat,” ungkapnya.

About B J

saya bertubuh gempal dan hobi jalan - jalan, siap sedia loyalitas tanpa batas, musik dari dangdut koplo sampe metal, penyuka Drakor. nonton yg lain juga ok.

Check Also

Sat Pol PP Ikuti Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu Kepala Bidang Penegakan Edy Suhardi, S.Sos beserta anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Layanan Pengaduan Whatsapp