Home / Berita / SAT POL PP IKUTI SIMULASI TACTICAL FLOOR GAME (TFG) POLRES KAPUAS HULU

SAT POL PP IKUTI SIMULASI TACTICAL FLOOR GAME (TFG) POLRES KAPUAS HULU

Satuan Polisi Pamong Praja Kapuas Hulu di wakili oleh Kepala Bidang Penegakan Operasi Edy Suhardi, S.Sos mengikuti Simulasi TFG Dalam rangka kesiap siagaan menghadapi terjadinya konflik sosial dampak dari penyebaran Covid-19 yang berpotensi mengganggu kondisi perekonomian di Kab. Kapuas Hulu.

Polres Kapuas Hulu sudah bersiap hadapi Kontinjensi Covid-19, dengan melaksanakan simulasi Tactical Floor Game (TFG) di wilayah hukumnya. Simulasi langsung dipimpin Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi,S.I.K, M.A.P di Aula bank Kalbar. Pada kegiatan itu juga disimulasikan cara penanganan ancaman kontijensi, dimulai dari eskalasi aman sampai ke eskalasi yang membahayakan seperti penjarahan dan pengrusakan.

Di dalamnya juga terdapat simulasi pengerahan dalmas untuk situasi eskalasi hijau, hingga penurunan pasukan anti huru hara untuk eskalasi merah. Tak hanya itu, simulasi lock down di Kabupaten Kapuas Hulu  pun diterapkan jika situasi tidak kondusif.

“Tactical Floor Game yang dilakukan ini sebagai bentuk persiapan pengamanan wilayah, dalam menyikapi situasi bencana nasional non alam seperti Covid-19,” ujar Kapolres, Rabu (15/4/2020).

Masih dikatakannya, TFG sebagai simulasi dalam penanganan konflik sosial, sebagai dampak wabah virus corona di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu.

“TFG ini sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakan di lantai,” imbuhnya.

Dijelaskan AKBP Wedy Mahadi,S.I.K, M.A.P, tujuan TGF untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personal baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

“Kegiatan TFG yang dilaksanakan oleh jajaran Polres Kapuas Hulu bersama instansi terkait lainnya ini, bentuk kesiapsiagaan apabila kedepan terjadi hal yang tidak diharapkan,” jelasnya.

Maka dari itu pihaknya dalam Tactical Floor Game ini melibatkan semua elemen masyarakat. Di antaranya TNI,  Sat Pol PP, BPBD dan instansi terkait lainnya. Karena setiap wilayah memiliki karakteristik dan kondisi geografis berbeda-beda.

Untuk sasaran pengamanan adalah beberapa obyek vital yang ada di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu. Meliputi perkantoran pemerintahan dan fasilitas publik yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu dalam arahannya memaparkan terkait perkembangan covid-19 di Kapuas hulu dalam hal ini penanganan antisipasi dan upaya penanggulangan penyebaran covid-19 khususnya di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu. Maksud dan tujuan TFG ini merupakan untuk penyamaan persepsi cara bertindak anggota dilapangan paparnya. Pihaknya menyampaikan berkaitan dengan hal tersebut dampak pandemi covid 19 ini, perlu penanganan secara bersama, sinergitas antara TNI / Polri serta unsur Pemerintah yang mana pandemi ini akan menyebabkan konflik sosial khususnya di wilayah Kab. Kapuas Hulu.

“Apabila ada perubahan situasi kontijensi secara cepat terjadi di wilayah Hukum Polres Kapuas Hulu Khususnya  kita selaku Pemerintah sudah siap dalam penanganan atau cara bertindak dilapangan dan dapat diantisipasi sedini mungkin,” ujarnya.

About B J

saya bertubuh gempal dan hobi jalan - jalan, siap sedia loyalitas tanpa batas, musik dari dangdut koplo sampe metal, penyuka Drakor. nonton yg lain juga ok.

Check Also

Sat Pol PP Ikuti Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2021

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Kapuas Hulu Kepala Bidang Penegakan Edy Suhardi, S.Sos beserta anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Layanan Pengaduan Whatsapp